Nyadranan, salah satu Tradisi Warga Dukuh Kampek Desa Wilalung

Warga Dukuh Kampek Desa Wilalung usai salat subuh berbondong-bondong mengikuti acara Nyadranan di salah satu Makam ( Punden ) mbah Bakal, jumat 13 Juli 2018.

Masyarakat di pedukuhan Kampek Desa Wilalung tiap satu ( 1 ) tahun sekali tepatnya di bulan Apit dalam hitungan bulan jawa melakukan Ziarah kubur ke makam atau Punden yang terletak di Desa tepatnya di sebelah Tenggara Desa Wilalung atau timur jembatan kopiro. hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur dan penghargaan masyarakat dukuh kampek khususnya dan desa wilalung pada umumnya kepada orang atau tokoh yang telah berjasa kepada desa wilalung dalam masa yang telah lampau, selain punden mbah Bakal di desa  wilalung juga terdapat makam atau punden Mbah Honggorejo yang terletak di bagian barat Desa Wilalung tepatnya di jl,Honggorejo paling barat.

Dalam acara Nyadranan kali ini di hadiri oleh Kepala Desa Wilalung Daryanto,ST beserta perangkatnya dan lembaga Desa di RW 06 serta Kyai M. Mukhlis dan Kyai Asrori selaku pemimpin doa . Nyadranan kali ini terbilang banyak yang hadir baik orang tua ,anak-anak, dan pemuda pasalnya punden mbah Bakal telah di renovasi lebih luas dan lebih bagus sehingga animo masyarakat menjadi lebih tinggi untuk ikut ziarah kubur. meski letak punden tersebut berada di tengah persawahan jauh dari jalan raya dan jalan yang di lalui hanya setapak untuk menuju punden namun hal ini tidak mengurangi semangat para warga untuk ziarah ke makam mbah Bakal.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan